Tugas 7 Pert. 11 : Process Model

 Analisis Perancangan Sistem Informasi - Process Model (Data Flow Diagram)

Proses Model merupakan suatu cara formal untuk menggambarkan bagaimana bisnis beroperasi. Mengilustrasikan aktivitas-aktivitas yang dilakukan dan bagaimana data berpindah di antara aktifitas-aktifitas itu. Ada banyak cara untuk merepresentasikan proses model, cara yang populer adalah dengan menggunakan Data Flow Diagram (DFD). Ada 2 jenis DFD, Logical DFD yang menggambarkan proses tanpa menyarankan bagaimana mereka akan dilakukan. Kedua adalah Fisikal DFD yang menggambarkan proses model berikut implementasi pemrosesan informasinya.

Apa itu DFD? Data flow diagram (DFD) merupakan ilustrasi alur sebuah sistem. Biasanya, DFD banyak digunakan oleh seseorang yang bekerja di bidang sistem informasi. Diagram ini dipopulerkan oleh Ed Yourdon dan Larry Constantine pada akhir 1970-an dalam bukunya yang bertajuk Structured Design. Hingga saat ini, DFD banyak digunakan dalam pengembangan berbagai sistem, termasuk software development.

Pada kesempatan kali ini, sebagai contoh saya akan memberikan gambaran mengenai Data Flow Diagram (DFD) pada saat berbelanja di Transmart dengan menggunakan metode pembayaran melalui Allo-Bank. Pada saat menyusun DFD Use Case, terdapat beberapa susunan / tahapan hirarki sebelum menjadi DFD yang sempurna / kompleks dengan penjabaran seperti berikut :  

- Diagram Konteks (Context Diagram) / DFD Level 0


Keterangan Penjelas :

Proses transaksi dimulai ketika konsumen memilih barang untuk dibeli dan nantinya akan dihitung di kasir. Hal ini digambarkan dengan panah yang mengarah dari konsumen ke proses 0 dengan indeks data pembelian. Setelah konsumen menyerahkan barang yang ingin dibelinya ke kasir, kasir akan menghitung total harga barang yang dibeli oleh konsumen dengan menginputkan datanya ke dalam sistem Transmart. Gambaran ini tergambarkan dengan panah yang mengarah dari kasir ke proses 0 dengan indeks input data produk. Setelah semua barang diinputkan ke dalam sistem Transmart, kasir akan menerima informasi tentang total harga dari sistem dan memberikan nota dengan total harga kepada konsumen. Setelah nota diberikan, konsumen akan melakukan pembayaran menggunakan media yang telah dipilih, dalam hal ini menggunakan Allobank. Oleh karena itu, kasir akan menginputkan media pembayaran yang digunakan oleh konsumen ke proses 0 dengan indeks informasi transaksi. Setelah informasi transaksi diinputkan, Allobank akan menerima data mengenai nomor rekening konsumen dan total harga. Dalam kerjasama antara Transmart dan Allobank, total harga akan disesuaikan oleh sistem Allobank dengan diskon yang berlaku. Selanjutnya, Allobank akan memverifikasi data dan mengotorisasi transaksi. Jika semua sesuai, sistem Allobank akan mentransfer dana dan menyelesaikan pembayaran. Gambaran ini tergambarkan dengan panah yang mengarah dari Allobank ke proses 0 dengan indeks Verifikasi, otorisasi, dan penyelesaian transaksi.


- Diagram Keseluruhan (Overall Diagram) / DFD Level 1

Keterangan Penjelas :

  • Guna berlangganan AlloPrime, diperlukan transaksi pembayaran dan dilakukan pembaruan pada data penyimpanan.

  • Saat mengaktifkan Paylater, dibutuhkan informasi tambahan seperti gambar KTP dan informasi lainnya, kemudian diperbarui pada data penyimpanan.

  • Pada proses perhitungan di mesin kasir, dilakukan penghitungan detail transaksi (total harga, jumlah, dll).

  • Setelah itu, rincian transaksi dari kasir atau hasil perhitungan akan dialihkan ke metode pembayaran. Jika pelanggan memilih pembayaran melalui AlloBank, ia harus meminta akses pembayaran ke AlloBank. Selanjutnya, data akun pengguna akan diperiksa. Jika pengguna menggunakan AlloPrime, mereka akan mendapatkan diskon sebesar 10%. Jika pengguna menggunakan Paylater, mereka akan mendapatkan cashback sebesar 5%.

  • Kemudian dilakukan penyelesaian akhir (dengan total harga akhir) yang akan diberikan kepada kasir sebagai laporan belanja dan kepada pelanggan sebagai struk.



Kesimpulan 

Penjabaran susunan dari diagram diatas merupakan deskripsi per level dari Data Flow Diagram pada kasus pembayaran belanja di Transmart menggunakan Allobank. Setiap level diatas menunjukkan penjelasan yang semakin rinci mengenai setiap proses dalam sistem, sehingga dapat memudahkan pemahaman dan pengembangan sistem secara terstruktur.



REFERENSI :





Comments

Popular posts from this blog

Final Project PBKK (A)

Tugas 9 Pert. 15 : Design Architecture

Quiz 1 / ETS PBKK (A)