Tugas 2 : Media Capture App

  Pemrograman Berbasis Kerangka Kerja

Latihan 2 - Membuat Media Capture App (Webcam)

11/09/2023


        Halo semua! pada kesempatan kali ini, saya ingin membagikan pengalaman dalam membuat Project Cam Capture App (Pengambilan Gambar) untuk Desktop. Projek ini dirancang menggunakan .NET Framework dan bahasa C# serta dibantu dengan library external yaitu AForge dan juga dengan menggunakan tools Visual Studio 2022

            Library AForge yang saya gunakan yakni diantaranya AForge.Video, AForge.Video.DirectShow dan AForge.dll. Fungsi dari Library AForge disini sebagai alat perancangan sebuah aplikasi webcam semacam OBS yang dapat melakukan capture terhadap webcam dan menyimpannya di penyimpanan device. Spesifikasi teknis pembuatan Cam Capture App saya yakni dengan dua PictureBox dalam sebuah TablePanel, dilengkapi dengan ComboBox untuk memilih kamera, tombol Start untuk mengaktifkan kamera, tombol Capture untuk mengambil gambar dari webcam dan menampilkannya di PictureBox2, tombol Save untuk menyimpan gambar hasil capture, serta tombol Exit untuk menutup kamera dan keluar dari aplikasi. 

Untuk lebih jelasnya, berikut hasil tampilan dari Cam Capture App saya :

Tampilan list Available Camera :

Tampilan ketika cam/kamera "Start" :

Tampilan ketika gambar telah di-"Capture" :

Tampilan ketika hendak melakukan "Save" :


Hasil pada File Explorer dari gambar yang di-Capture dan di-Save :

     

    Jika Anda ingin melihat lebih lanjut secara teknikal, Anda dapat kunjungi Repository saya pada Platform GitHub berikut : GitHub

Terima kasih atas waktu dan reaksi Anda terhadap karya saya. Jika Anda berkenan, saya sangat mengharapkan feedback Anda! 😊

Comments

Popular posts from this blog

Final Project PBKK (A)

Tugas 9 Pert. 15 : Design Architecture

Quiz 1 / ETS PBKK (A)